tugas seminar msdm
BAB I
Pendahuluan
Latar Belakang
Alfamart adalah sebuah brand minimarket penyedia kebutuhan hidup sehari - hari yang dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya Alfamart, dengan dimulainya usaha dagang rokok dan barang - barang konsumsi oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989. Pada tahun 1994 Struktur kepemilikan berubah menjadi 70% dimiliki oleh PT HM Sampoerna Tbk dan 30% dimiliki oleh PT Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto).
PT. Alfa Minimart Utama (AMU) didirikan pada tanggal 27 Juli 1999, dengan pemengang saham PT. Alfa Retailindo, Tbk sebesar 51% dan PT. Lancar Distrindo sebesar 49%. PT. Alfa Minimart Utama (AMU) ini kemudian membuka Alfa Minimart pada tanggal 18 Oktober 1999 berlokasi dijalan Beringin Raya, Karawaci Tangerang.
Pada tanggal 27 Juni 2002, PT.HM Sampoerna Tbk secara resmi merestrukrurisasi kepemilikan sahamnya di PT.Alfa Retailindo Tbk. Saham HM Sampoerna di Alfa Retailindo yang semula 54,4% dikurangi menjadi 23,4%. Di sisi lain, perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai menggarap serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui Alfa.
Pada tanggal 1 Agustus 2002, kepemilikan beralih ke PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan pemegang saham PT.HM. Sampoerna, Tbk sebesar 70% dan PT.Sigmantara Alfalindo sebesar 30%. Kemudian nama Alfa Minimart diganti menjadi Alfamart pada tanggal 1 Januari 2003. Pada tahun 2005 Jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun. Semua toko berada di pulau Jawa.
Awal tahun 2006 PT HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT Sigmantara Alfindo (60%) dan PT Cakrawala Mulia Prima (40%). Mendapat Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu”.
Pertengahan 2007 Alfamart sebagai Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu. Jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar Lampung. Awal 2009 menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari 2009 di Bursa Efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki Pasar Bali.
a. Tahun 1989, berdiri sebagai perusahaan dagang aneka produk oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
b. Tahun 1994, struktur kepemilikan berubah menjadi 70 % PT. HM Sampoerna Tbk dan 30 % PT Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto).
c. Tahun 1999, Alfa Minimart pertama mulai beroperasi di Jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
d. Tahun 2003, Alfa Minimart’ menjadi ‘Alfamart’.
e. Tahun 2005, jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1293 gerai hanya dalam enam tahun. Semua toko berada di pulau jawa.
f. Tahun 2006, PT HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT Sigmantara Alfindo (60%) dan PT Cakrawala Mulia Prima (40%). Mendapat Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu”.
g. Tahun 2007, Alfamart sebagai Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu, pada saat itu jumlah gerai mencapai 2000 toko dan sudah memasuki pasar Lampung.
h. Tahun 2009, menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari di Bursa Efek Indonesia, pada saat itu jumlah gerai mencapai 3000 toko dan sudah memasuki pasar Bali.
i. Januari 2010, jumlah gerai lebih dari 3500.
j. Tahun 2012, Soft Launching Online Shopping dengan nama “Alfaonline” di wilayah Tangerang
k. Taun 2013, Menambah kepemilikan saham di PT Midi Utama Indonesia menjadi 56.72% dan Pendirian anak perusahaan Alfamart Retail Asia Pte.Ltd (Kepemilikan saham 100%)
l. Tahun 2014, Menambah kepemilikan saham di PT Midi Utama Indonesia menjadi 86.72% dan memasuki pasar Philipines dengan joint venture melalui Alfamart Retail Asia Pte.Ltd dengan mendirikan Alfamart Trading Philippines Inc.
1.2 Rumusan Masalah
Bagaimana analisis strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya
Bagaimana perencanaan sumber daya manusia pada PT. Sumber Alfaria Trijaya
1.3 Tujuan
Mengetahui analisis strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya
Mengetahui perencanaan sumber daya manusia pada PT. Sumber Alfaria Trijaya
BAB II
Pembahasan
2.1 Analisis Strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya
Sejalan dengan visi Alfamart menjadi “jaringan ritel terbesar di Indonesia yang Memberdayakan pengusaha kecil dan memenuhi kebutuhan konsumen. Gerai gerai Alfamart menawarkan produk produk kebutuhan sehari hari. Setiap toko beroperasi berdasarkan filosofi toko komunitas yaitu toko yang berlokasi di wilayah pemukiman dan menawarkan layanan yang efisien serta kemudahan untuk dicapai dari rumah.
Keunikan dan kekuatan penawaran Alfamart didasarkan pada pemahaman atas kebutuhan konsumen dengan menawarkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, layanan yang ramah dan bersahabat, suasana berbelanja yang bersih dan nyaman, serta lokasi yang mudah dijangkau. Alfamart telah menerapkan misi mereka untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Secara konsep manajemen strategik ,lokasi lokasi penetapkan gerai gerai alfamart telah ditentukan dengan perhitungan yang matang. Strategi pemilihan lokasi inilah yang menentukan efektif tidaknya suatu gerai dari alfamart.
Alfamart memiliki tujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah terutama koperasi, pondok pesantren, yayasan social dan organisasi social yang sejenis untuk memiliki usaha yang berkesinambungan dan menguntungkan secara efisien yaitu dengan menjadi terwaralaba alfamart. Semua aktifitas tersebut didukung oleh manajemen sumber daya manusia yang berbasis perencanaan dan pengembangan organisasi , pedoman jalur karir, administrasi, personalia yang akurat, manajemen kinerja serta pelatihan dan pengembangan berbasis kompetensi.
Sejalan dengan visinya, perseroan tetap aktif mengembangkan para pengusaha kecil dan menengah melalui program store as sales point (SSP) dan kios, bekerjasama dengan pemerintah daerah. Lingkungan perusahaan internal adalah lingkungan yang dapat dikendalikan, diantaranya yaitu budaya Alfamart : Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik lagi, kepuasan para pelanggan/konsumen, kualitas dan produktifitas tertinggi, kerjasama team.
Pemantauan lingkungan baik secara internal dan eksternal.
Pemantauan profil perusahaan untuk mengidentifikasi Strength( kekuatan) dan weakness (kelemahan)
Formulasi Strategi termasuk mengembangkan visi misi dan tujuan perusahaan. Pada tahap ini lebih ditekankan pada aktivitas utama yaitu menyiapkan strategi alternative, pemilihan strategi, dan menetapkan strategi yang akan digunakan.
Implementasi strategi yang mengharuskan perusahaan untuk menetapkan tujuan tahunan, menetapkan kebijakan, memotivasi karyawan, mengalokasikan sumber daya manusia, menetapkan struktur organisasi yang efektif, menyiapkan anggaran, mengembangkan sistem informasi, dan menghubungkan kinerja karyawan dengan kinerja organisasi.
Evaluasi dan pengawasan kinerja nyata suatu perusahaan.
2.2 Perencanaan Sumber Daya Manusia PT. Sumber Alfaria Trijaya
perencanaan sumber daya manusia merupakan proses penentuan kebutuhan pegawai pada masa yang akan datang berdasarkan perubahan-perubahan yang terjadi dan persediaan tenaga kerja yang ada. Dalam hal ini perusahaan telah menentukan kebutuhan pegawai sebagai berikut
management Trainee
bertugas mengikuti program pembelajaran yang ditempuh untuk dipersiapkan menjadi kandidat pada level managerial. Kualifikasi pria/wanita, usia maksimal 27 tahun, pendidikan minimal S1 segala jurusan, pendidikan minimal S1 segala jurusan, IPK minimal 3,00. berjiwa pemimpin dan mempunyai kemauan untuk belajar. memiliki pengalaman organisasi/kerja. Siap ditempatkan di seluruh area kerja alfamart.
Recruitment dan Assessment
Bertugas melakukan perekrutan karyawan. mencari source baru untuk menambah jumlah pelamar. melakukan assessment untuk pemenuhan kebutuhan karyawan dari internal. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 27 tahun, pendidikan minimal S1 psikologi, IPK minimal 2,75. Menguasai dan mampu mengoperasikan alat tes psikologi. penempatan di seluruh area kerja alfamart.
IT Programmer/IT Support
Bertugas membuat, mengupdate dan maintain sistem informasi dan aplikasi berbasis komputerisasi. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 ilmu komputer/teknik komputer/teknik informatika, IPK minimal 2,75. Menguasai program Java, VB, PHP, Oracle, MySQL. Terbuka bagi fresh graduate. Penempatan di seluruh area kerja alfamart.
Relation Coordinator
Bertugas mencari calon franchisee untuk bermitra bersama alfamart kualifikasi pria/wanita, usia maksimal 30 tahun. pendidikan minimal S1 segala jurusan, IPK minimal 2,75. Pengalaman minimal 2 tahun di bidang franchise/marketing, kemampuan komunikasi verbal yang baik. memiliki SIM A. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart.
Finance/Accounting/Tax
Tugas: menangani dokumen keuangan, proses pembayaran dan dana rekening oerusahaan (FIN). Membuat laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi manajemen (ACC). Menyiapkan administrasi berkaitan dengan pembayaran, pemeriksaan dan pekaporan pajak perusahaan (TAX). Kualifikasi : Pria/Wanita, Usia maks. 30 tahun, pendiddikan minimal D3/S1 Akuntansi/pajak, IPK min, 2,75. Sertifikasi brevet A dan B diutamakan (TAX). Mampu membuat laporan keuangan serta jujur dan bertanggung jawab. Penempatan di sekuruh area kerja Alfamart.
Payroll
Tugas: memastikan program penggajian karyawan dan administrasinya terlaksana sesuai prosedur yang berlaku. Kualifikasi: Pria/Wanita, usia maks. 27 tahun, pendisikan D3/S1 Ekonomi/Matematika/Statistik/Hukum, IPK minimal 2,75, mengetahui peraturan ketenagakerjaan yang berkaitan dengan penggajian, teliti, detail dan jujur.
Store Layout
Tugas: mengoptimalkan selling space dengan menciptakan alat-alat display yang baru dan menarik. Kualifikasi: Pria/Wanita. Usia maks 30 tahun. Pendidikan D3/S1 Desain Grafis/arsitektur, IPK min. 2,75. Menguasai program desain (Corel, autocad, photoshop,dll). Kreatif dan mempunyai kemampuan analisa yang baik. Penempatan di Tangerang.
Legal
Tugas: Memastikan tertib administrasi, filling dan dokumentasi data legalitas perusahaan. Kualifikasi: Pria/wanita, usia maksimal 27 tahun, pendidikan S1 Hukum, IPK 2,75. Pengalaman di bidang drafting. Penempatan di Tangerang.
Sipil ME Estimator dan Controllroller
Tugas: merumuskan estimasi dan membuat rencana anggaran biaya pembangunan toko atau kantor cabang. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan min S1 teknik Sipil/arsitektur/planologi. menguasai autocad 2D dan 3D dan mampu membuat dan membaca gambar teknik. Memiliki pengetahuan tentang bahan bangunan serta estimasi biaya pembangunan gedung. Penempatan seluruh area kerja Alfamart (khususnya Tangerang dan Banjarmasin.
Merchandiser SupporT Coordinator
Tugas: Mengolah dan menyajikan data analisis merchandising sebagai dasar monitoring dan pengambilan kebijakan perusahaan. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 30 tahun, pendidikan S1 Teknik (segala jurusan). Berpengalaman di bidang retail min 2 tahun. Mampu mengatasi
Troubleshoot Komputer. Mahir bahasa Inggris. Kemampuan supervise dan inovasi yang baik. Penempatan di Tangerang.
Employee Relation Specialist
Tugas: menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dan karyawan. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 30 tahun, pendidikan minimal S1 Hukum, IPK minimal 2,75. Mengerti undang-undang perburuhan dan hokum ketenaga kerjaan, menguasai hubungan industrial. mempunyai daya analisa yang baik serta mempunyai mobilitas yang tinggi. pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama. penempatan di seluruh area kerja alfamart (Regional).
Auditor
Tugas: melakukan audit departemen berdasarkan dokumen pendukung yang valid. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 Akuntansi/Manajemen Keuangan/Teknik Informatika/Tek.Sipil/Tek. Elektro/Sistem Informasi/Tek.Industri, IPK minimal 2,75. Siap kerja mobile. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart.
Promotion Plan Officer*
Tugas: Merekap usulan alfa promo dan alfa online dari merchandiser. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 segala jurusan. Menyukai dan memiliki kemampuan dalam analisa data. Jujur dan teliti. Pengalaman lebih diutamakan. Penempatan di Tangerang
Buyer
Tugas: Memastikan tersedianya barang dagang sesuai dengan range item dan target yang ditetapkan oleh perusahaan. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 segala jurusan, IPK minimal 2,75, Pengalaman minimal 1 tahun di posisi yang sama /marketing. Kemampuan komunikasi dan negoisasi yang baik. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart (khususnya Tangerang dan Banjarmasin.
Product Analyst
Tugas: Menganalisa dan evaluasi semua product yang aktif sehingga dapat mencapat sales dan margin yang optimal. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 28 tahun, pendidikan min. S1 segala jurusan, IPK minimal 2,75. Wajib menguasai Ms. Excell. Diutamakan bagi yang berpengalaman. Penempatan di Tangerang
Staff/Admin
Tugas: Melakukan Billing dan dokumentasi data serta membuat catatan administrasi secara akurat dan teratur. Kualifikasi pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan min S1 segala jurusan, IPK 2,75. Menguasai program office. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart.
Perencanaan sumber daya manusia adalah hal paling awal yang dilakukan oleh perusahaan untuk membentuk manajemen yang baik. dengan perencanaan yang baik, akan dapat diraih oleh perusahaan. penempatan pegawai yang kompeten dan tepat pada posisinya dapat tercapai dengan lebih optimal dan cepat karena perusahaan telah mengetahui dengan baik kualitas SDM yang diperlukan.
a. Proses rekrutmen Rekrutmen merupakan kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk menarik calon pegawai yang memiliki kemampuan dan sikap yang dibutuhkan untuk membantu mencapai tujuan. Dalam proses rekrutmen perlu di tetapkan berbagai persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi seseorang dalam melamar suatu pekerjaan mulai dari batas usia, pendidikan, jenis kelamin, pengalaman kerja dll. Untuk melakukan rekrutmen biasanya terdiri dari beberapa tahapan.
Berikut ini langkah-langkah yang biasanya dilakukan dalam pelaksanaan rekrutmen:
1) Menentukan jabatan yang kosong dan berapa orang yang dibutuhkan.
2) Analisia informasi jabatan dan penentuan kreteria pelamar.
3) Memilih sumber rekrutmen.
4) Memilih Metode Rekrutmen.
5) Menerima lamaran kerja
b. Proses Seleksi dan Penempatan Ada beberapa tahap dalam prosedur seleksi yang bisa digunakan antara lain:
a) Penerimaan Lamaran
b) Tes-Tes Penerimaan terdiri dari beberapa tes yaitu:
1. Tes-tes psikologi (Psychological Tests)
2. Tes-tes pengetahuan (Knowledge Tests)
3. Tes-tes kinerja (Performance Test)
c) Wawancara Akhir d Keputusan Penerimaan
Proses penempatan Berdasarkan penelitian bahwa setelah mengadakan proses rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia selanjutnya dilakukan adalah proses penempatan kerja. Seleksi dan penempatan termasuk serangkaian langkah kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah seorang calon karyawan di terima atau di tolak, tetap atau tidaknya seorang pekerja ditempatkan pada posisi tertentu yang ada di perusahaan. penempatan merupakan proses kebijaksanaan sumber daya manusia untuk menentukan posisi/jabatan seseorang. Penugasan ini dapat berupa penugasan pertama untuk pegawai baru yang akan direkrut, tetapi dapat juga melalui promosi, pengalihan (transfer), dan penurunan jabatan (demosi) atau bahkan pemutusan hubungan kerja.
2.3 Analisis Tentang Kendala Dalam Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Karyawan PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA
Dalam melaksanakan proses perencanaan sumber daya manusia pasti berhadapan dengan berbagai persoalan baik yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Adapun beberapa kendala dalam perencanaan sumber daya manusia adalah sebagai berikut:
a. Standar kemampuan sumber daya manusia Standar kemampuan sumber daya manusia yang pasti sehingga informasi kemampuan sumber daya manusia hanya berdasarkan ramalan-ramalan (prediksi) yang sifatnya subjektif. Hal ini menjadi kendala yang serius dalam PSDM untuk menghitung potensi SDM secara pasti.
b. Situasi sumber daya manusia Persediaan, mutu, dan penyebaran penduduk yang kurang mendukung kebutuhan sumber daya manusia perusahaan. Hal ini menjadi kendala proses PSDM yang baik dan benar.
Kendala yang dihadapi oleh perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya berasal dari lingkup internal dan eksternal perusahaan yaitu dari pelamar kerja atau pekerja yang belum siap dengan tugas yang akan di pertanggung jawabkan. Kendala-kendala tersebut berupa kendala yang berkaitan analisis perencanaan sumber daya manusia yang masih mengikuti pusat yang belum sepenuhnya dilakukan dengan baik, kendala berupa ketersediaan sumber daya manusia dalam merekrut karyawan yang tidak memenuhi target perusahaan, karena minimnya pelamar dan target penerimaan karyawan yang terlalu tinggi. Dan banyaknya karyawan yang keluar masuk perusahaan karena bosan dengan pekerjaannya atau gaji yang terlalu sering dipotong untuk menggantikan ganti rugi terhadap stand atau barang yang dijaga oleh pegawai sebagai ganti rugi barang yang hilang. Selain itu ada juga pelamar yang menginginkan shift sore saja, karena para pelamar masih mengikuti pendidikan. Untuk mengatasi kendala tersebut pihak Alfamart melakukan training kepada karyawan baru agar siap bekerja sesuai yang diharapkan oleh perusahaan.
BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
1. Kegiatan perencanaan kepegawaian sumber daya manusia yang dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya ,dapat dikatakan sudah efektif, karena dalam pelaksanaannya proses perencanaan sumber daya manusia berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori-teori perencanaan kepegawaian sumber daya manusia.
a. Pelaksanaan proses rekrutmen tenaga kerja PT Sumber Alfaria Trijaya di terdiri dari empat tahapan yaitu: proses pengumuman, pendaftaran, seleksi, dan penempatan.
b. proses seleksi tenaga kerja PT Sumber Alfaria Trijaya melalui beberapa tahapan, yaitu : (1) Penerimaan Lamaran, (2) Tes-Tes Penerimaan meliputi: tes psikologi, tes tertulis, dan tes pengetahuan. (3) wawancara.
c. Penempatan kerja karyawan baru yang telah diterima selanjutnya ditempatkan sesuai dengan kekosongan karyawan yang dibutuhkan. Pengumuman dilaksanakan secara tertutup, langsung dihubungi oleh pihak Alfamart kepada calon karyawan.
2. Fungsi perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kinerja karyawan pada PT Ramayana Lestari Sentosa di Palembang. Fungsi perencanaan sumber daya manusia di Ramayana Palembang sangat penting. Karena menempatkan sumber daya manusia yang produktif akan menghasilkan sales penjualan.pelaksanankan fungsi perencanaan sumber daya manusia meliputi pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, dan kompensasi.
3. Kendala dalam perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan PT Sumber Alfaria Trijaya adalah sistem perencanaan sumber daya manusia yang masih mengikuti pusat. kendala berupa ketersediaan sumber daya manusia dalam merekrut karyawan yang tidak memenuhi target perusahaan, karena minimnya pelamar dan target penerimaan kasryawan yan terlalu tinggi. karyawan baru yang belum siap bekerja baik dari segi keterampilan, penyesuaian dengan suasana yang ada di sekolah dengan kondisi di lapangan yang berbeda. Untuk mengatasinya dengan caramentranning, mengajak refreshing karyawan, dan motivasinya.
3.2 Saran
Sarannya yaitu:
1. Perusahaan perlu memfokuskan penjualan di luar pulau Jawa
2. Melakukan kampanye digital yang sebelumnya berhasil dilakukan
3. Melakukan product development secara berkala dengan mengikuti perkembangan fashion yang ada
4. Mengembangkan gerai swalayan melalui pemugaran gerai
5. Perencanaan sumber daya manusia seharusnya lebih ditingkatkan lagi, guna untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan diharapkan dapat mencapai tujuan.
6. Peneliti selanjutnya, dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian yang terkait dengan pembahasan sekripsi ini dengan subjek dan sudut pandang yang berbeda. Sehingga dapat memperkaya khasanah intelektual mengenai manajemen dalam hal perencanaan sumber daya manusia.
narotama.ac.id
fenaro.narotama.ac.id
ayuraimanagement.blogspot.com
Pendahuluan
Latar Belakang
Alfamart adalah sebuah brand minimarket penyedia kebutuhan hidup sehari - hari yang dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya Alfamart, dengan dimulainya usaha dagang rokok dan barang - barang konsumsi oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989. Pada tahun 1994 Struktur kepemilikan berubah menjadi 70% dimiliki oleh PT HM Sampoerna Tbk dan 30% dimiliki oleh PT Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto).
PT. Alfa Minimart Utama (AMU) didirikan pada tanggal 27 Juli 1999, dengan pemengang saham PT. Alfa Retailindo, Tbk sebesar 51% dan PT. Lancar Distrindo sebesar 49%. PT. Alfa Minimart Utama (AMU) ini kemudian membuka Alfa Minimart pada tanggal 18 Oktober 1999 berlokasi dijalan Beringin Raya, Karawaci Tangerang.
Pada tanggal 27 Juni 2002, PT.HM Sampoerna Tbk secara resmi merestrukrurisasi kepemilikan sahamnya di PT.Alfa Retailindo Tbk. Saham HM Sampoerna di Alfa Retailindo yang semula 54,4% dikurangi menjadi 23,4%. Di sisi lain, perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai menggarap serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui Alfa.
Pada tanggal 1 Agustus 2002, kepemilikan beralih ke PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan pemegang saham PT.HM. Sampoerna, Tbk sebesar 70% dan PT.Sigmantara Alfalindo sebesar 30%. Kemudian nama Alfa Minimart diganti menjadi Alfamart pada tanggal 1 Januari 2003. Pada tahun 2005 Jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun. Semua toko berada di pulau Jawa.
Awal tahun 2006 PT HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT Sigmantara Alfindo (60%) dan PT Cakrawala Mulia Prima (40%). Mendapat Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu”.
Pertengahan 2007 Alfamart sebagai Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu. Jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar Lampung. Awal 2009 menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari 2009 di Bursa Efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki Pasar Bali.
a. Tahun 1989, berdiri sebagai perusahaan dagang aneka produk oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
b. Tahun 1994, struktur kepemilikan berubah menjadi 70 % PT. HM Sampoerna Tbk dan 30 % PT Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto).
c. Tahun 1999, Alfa Minimart pertama mulai beroperasi di Jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
d. Tahun 2003, Alfa Minimart’ menjadi ‘Alfamart’.
e. Tahun 2005, jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1293 gerai hanya dalam enam tahun. Semua toko berada di pulau jawa.
f. Tahun 2006, PT HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT Sigmantara Alfindo (60%) dan PT Cakrawala Mulia Prima (40%). Mendapat Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu”.
g. Tahun 2007, Alfamart sebagai Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu, pada saat itu jumlah gerai mencapai 2000 toko dan sudah memasuki pasar Lampung.
h. Tahun 2009, menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari di Bursa Efek Indonesia, pada saat itu jumlah gerai mencapai 3000 toko dan sudah memasuki pasar Bali.
i. Januari 2010, jumlah gerai lebih dari 3500.
j. Tahun 2012, Soft Launching Online Shopping dengan nama “Alfaonline” di wilayah Tangerang
k. Taun 2013, Menambah kepemilikan saham di PT Midi Utama Indonesia menjadi 56.72% dan Pendirian anak perusahaan Alfamart Retail Asia Pte.Ltd (Kepemilikan saham 100%)
l. Tahun 2014, Menambah kepemilikan saham di PT Midi Utama Indonesia menjadi 86.72% dan memasuki pasar Philipines dengan joint venture melalui Alfamart Retail Asia Pte.Ltd dengan mendirikan Alfamart Trading Philippines Inc.
1.2 Rumusan Masalah
Bagaimana analisis strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya
Bagaimana perencanaan sumber daya manusia pada PT. Sumber Alfaria Trijaya
1.3 Tujuan
Mengetahui analisis strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya
Mengetahui perencanaan sumber daya manusia pada PT. Sumber Alfaria Trijaya
BAB II
Pembahasan
2.1 Analisis Strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya
Sejalan dengan visi Alfamart menjadi “jaringan ritel terbesar di Indonesia yang Memberdayakan pengusaha kecil dan memenuhi kebutuhan konsumen. Gerai gerai Alfamart menawarkan produk produk kebutuhan sehari hari. Setiap toko beroperasi berdasarkan filosofi toko komunitas yaitu toko yang berlokasi di wilayah pemukiman dan menawarkan layanan yang efisien serta kemudahan untuk dicapai dari rumah.
Keunikan dan kekuatan penawaran Alfamart didasarkan pada pemahaman atas kebutuhan konsumen dengan menawarkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, layanan yang ramah dan bersahabat, suasana berbelanja yang bersih dan nyaman, serta lokasi yang mudah dijangkau. Alfamart telah menerapkan misi mereka untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Secara konsep manajemen strategik ,lokasi lokasi penetapkan gerai gerai alfamart telah ditentukan dengan perhitungan yang matang. Strategi pemilihan lokasi inilah yang menentukan efektif tidaknya suatu gerai dari alfamart.
Alfamart memiliki tujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah terutama koperasi, pondok pesantren, yayasan social dan organisasi social yang sejenis untuk memiliki usaha yang berkesinambungan dan menguntungkan secara efisien yaitu dengan menjadi terwaralaba alfamart. Semua aktifitas tersebut didukung oleh manajemen sumber daya manusia yang berbasis perencanaan dan pengembangan organisasi , pedoman jalur karir, administrasi, personalia yang akurat, manajemen kinerja serta pelatihan dan pengembangan berbasis kompetensi.
Sejalan dengan visinya, perseroan tetap aktif mengembangkan para pengusaha kecil dan menengah melalui program store as sales point (SSP) dan kios, bekerjasama dengan pemerintah daerah. Lingkungan perusahaan internal adalah lingkungan yang dapat dikendalikan, diantaranya yaitu budaya Alfamart : Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik lagi, kepuasan para pelanggan/konsumen, kualitas dan produktifitas tertinggi, kerjasama team.
Pemantauan lingkungan baik secara internal dan eksternal.
Pemantauan profil perusahaan untuk mengidentifikasi Strength( kekuatan) dan weakness (kelemahan)
Formulasi Strategi termasuk mengembangkan visi misi dan tujuan perusahaan. Pada tahap ini lebih ditekankan pada aktivitas utama yaitu menyiapkan strategi alternative, pemilihan strategi, dan menetapkan strategi yang akan digunakan.
Implementasi strategi yang mengharuskan perusahaan untuk menetapkan tujuan tahunan, menetapkan kebijakan, memotivasi karyawan, mengalokasikan sumber daya manusia, menetapkan struktur organisasi yang efektif, menyiapkan anggaran, mengembangkan sistem informasi, dan menghubungkan kinerja karyawan dengan kinerja organisasi.
Evaluasi dan pengawasan kinerja nyata suatu perusahaan.
2.2 Perencanaan Sumber Daya Manusia PT. Sumber Alfaria Trijaya
perencanaan sumber daya manusia merupakan proses penentuan kebutuhan pegawai pada masa yang akan datang berdasarkan perubahan-perubahan yang terjadi dan persediaan tenaga kerja yang ada. Dalam hal ini perusahaan telah menentukan kebutuhan pegawai sebagai berikut
management Trainee
bertugas mengikuti program pembelajaran yang ditempuh untuk dipersiapkan menjadi kandidat pada level managerial. Kualifikasi pria/wanita, usia maksimal 27 tahun, pendidikan minimal S1 segala jurusan, pendidikan minimal S1 segala jurusan, IPK minimal 3,00. berjiwa pemimpin dan mempunyai kemauan untuk belajar. memiliki pengalaman organisasi/kerja. Siap ditempatkan di seluruh area kerja alfamart.
Recruitment dan Assessment
Bertugas melakukan perekrutan karyawan. mencari source baru untuk menambah jumlah pelamar. melakukan assessment untuk pemenuhan kebutuhan karyawan dari internal. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 27 tahun, pendidikan minimal S1 psikologi, IPK minimal 2,75. Menguasai dan mampu mengoperasikan alat tes psikologi. penempatan di seluruh area kerja alfamart.
IT Programmer/IT Support
Bertugas membuat, mengupdate dan maintain sistem informasi dan aplikasi berbasis komputerisasi. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 ilmu komputer/teknik komputer/teknik informatika, IPK minimal 2,75. Menguasai program Java, VB, PHP, Oracle, MySQL. Terbuka bagi fresh graduate. Penempatan di seluruh area kerja alfamart.
Relation Coordinator
Bertugas mencari calon franchisee untuk bermitra bersama alfamart kualifikasi pria/wanita, usia maksimal 30 tahun. pendidikan minimal S1 segala jurusan, IPK minimal 2,75. Pengalaman minimal 2 tahun di bidang franchise/marketing, kemampuan komunikasi verbal yang baik. memiliki SIM A. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart.
Finance/Accounting/Tax
Tugas: menangani dokumen keuangan, proses pembayaran dan dana rekening oerusahaan (FIN). Membuat laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi manajemen (ACC). Menyiapkan administrasi berkaitan dengan pembayaran, pemeriksaan dan pekaporan pajak perusahaan (TAX). Kualifikasi : Pria/Wanita, Usia maks. 30 tahun, pendiddikan minimal D3/S1 Akuntansi/pajak, IPK min, 2,75. Sertifikasi brevet A dan B diutamakan (TAX). Mampu membuat laporan keuangan serta jujur dan bertanggung jawab. Penempatan di sekuruh area kerja Alfamart.
Payroll
Tugas: memastikan program penggajian karyawan dan administrasinya terlaksana sesuai prosedur yang berlaku. Kualifikasi: Pria/Wanita, usia maks. 27 tahun, pendisikan D3/S1 Ekonomi/Matematika/Statistik/Hukum, IPK minimal 2,75, mengetahui peraturan ketenagakerjaan yang berkaitan dengan penggajian, teliti, detail dan jujur.
Store Layout
Tugas: mengoptimalkan selling space dengan menciptakan alat-alat display yang baru dan menarik. Kualifikasi: Pria/Wanita. Usia maks 30 tahun. Pendidikan D3/S1 Desain Grafis/arsitektur, IPK min. 2,75. Menguasai program desain (Corel, autocad, photoshop,dll). Kreatif dan mempunyai kemampuan analisa yang baik. Penempatan di Tangerang.
Legal
Tugas: Memastikan tertib administrasi, filling dan dokumentasi data legalitas perusahaan. Kualifikasi: Pria/wanita, usia maksimal 27 tahun, pendidikan S1 Hukum, IPK 2,75. Pengalaman di bidang drafting. Penempatan di Tangerang.
Sipil ME Estimator dan Controllroller
Tugas: merumuskan estimasi dan membuat rencana anggaran biaya pembangunan toko atau kantor cabang. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan min S1 teknik Sipil/arsitektur/planologi. menguasai autocad 2D dan 3D dan mampu membuat dan membaca gambar teknik. Memiliki pengetahuan tentang bahan bangunan serta estimasi biaya pembangunan gedung. Penempatan seluruh area kerja Alfamart (khususnya Tangerang dan Banjarmasin.
Merchandiser SupporT Coordinator
Tugas: Mengolah dan menyajikan data analisis merchandising sebagai dasar monitoring dan pengambilan kebijakan perusahaan. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 30 tahun, pendidikan S1 Teknik (segala jurusan). Berpengalaman di bidang retail min 2 tahun. Mampu mengatasi
Troubleshoot Komputer. Mahir bahasa Inggris. Kemampuan supervise dan inovasi yang baik. Penempatan di Tangerang.
Employee Relation Specialist
Tugas: menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dan karyawan. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 30 tahun, pendidikan minimal S1 Hukum, IPK minimal 2,75. Mengerti undang-undang perburuhan dan hokum ketenaga kerjaan, menguasai hubungan industrial. mempunyai daya analisa yang baik serta mempunyai mobilitas yang tinggi. pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama. penempatan di seluruh area kerja alfamart (Regional).
Auditor
Tugas: melakukan audit departemen berdasarkan dokumen pendukung yang valid. Kualifikasi: pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 Akuntansi/Manajemen Keuangan/Teknik Informatika/Tek.Sipil/Tek. Elektro/Sistem Informasi/Tek.Industri, IPK minimal 2,75. Siap kerja mobile. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart.
Promotion Plan Officer*
Tugas: Merekap usulan alfa promo dan alfa online dari merchandiser. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 segala jurusan. Menyukai dan memiliki kemampuan dalam analisa data. Jujur dan teliti. Pengalaman lebih diutamakan. Penempatan di Tangerang
Buyer
Tugas: Memastikan tersedianya barang dagang sesuai dengan range item dan target yang ditetapkan oleh perusahaan. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 28 tahun, pendidikan minimal S1 segala jurusan, IPK minimal 2,75, Pengalaman minimal 1 tahun di posisi yang sama /marketing. Kemampuan komunikasi dan negoisasi yang baik. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart (khususnya Tangerang dan Banjarmasin.
Product Analyst
Tugas: Menganalisa dan evaluasi semua product yang aktif sehingga dapat mencapat sales dan margin yang optimal. Kualifikasi: Pria, usia maksimal 28 tahun, pendidikan min. S1 segala jurusan, IPK minimal 2,75. Wajib menguasai Ms. Excell. Diutamakan bagi yang berpengalaman. Penempatan di Tangerang
Staff/Admin
Tugas: Melakukan Billing dan dokumentasi data serta membuat catatan administrasi secara akurat dan teratur. Kualifikasi pria/wanita, usia maksimal 28 tahun, pendidikan min S1 segala jurusan, IPK 2,75. Menguasai program office. Penempatan di seluruh area kerja Alfamart.
Perencanaan sumber daya manusia adalah hal paling awal yang dilakukan oleh perusahaan untuk membentuk manajemen yang baik. dengan perencanaan yang baik, akan dapat diraih oleh perusahaan. penempatan pegawai yang kompeten dan tepat pada posisinya dapat tercapai dengan lebih optimal dan cepat karena perusahaan telah mengetahui dengan baik kualitas SDM yang diperlukan.
a. Proses rekrutmen Rekrutmen merupakan kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk menarik calon pegawai yang memiliki kemampuan dan sikap yang dibutuhkan untuk membantu mencapai tujuan. Dalam proses rekrutmen perlu di tetapkan berbagai persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi seseorang dalam melamar suatu pekerjaan mulai dari batas usia, pendidikan, jenis kelamin, pengalaman kerja dll. Untuk melakukan rekrutmen biasanya terdiri dari beberapa tahapan.
Berikut ini langkah-langkah yang biasanya dilakukan dalam pelaksanaan rekrutmen:
1) Menentukan jabatan yang kosong dan berapa orang yang dibutuhkan.
2) Analisia informasi jabatan dan penentuan kreteria pelamar.
3) Memilih sumber rekrutmen.
4) Memilih Metode Rekrutmen.
5) Menerima lamaran kerja
b. Proses Seleksi dan Penempatan Ada beberapa tahap dalam prosedur seleksi yang bisa digunakan antara lain:
a) Penerimaan Lamaran
b) Tes-Tes Penerimaan terdiri dari beberapa tes yaitu:
1. Tes-tes psikologi (Psychological Tests)
2. Tes-tes pengetahuan (Knowledge Tests)
3. Tes-tes kinerja (Performance Test)
c) Wawancara Akhir d Keputusan Penerimaan
Proses penempatan Berdasarkan penelitian bahwa setelah mengadakan proses rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia selanjutnya dilakukan adalah proses penempatan kerja. Seleksi dan penempatan termasuk serangkaian langkah kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah seorang calon karyawan di terima atau di tolak, tetap atau tidaknya seorang pekerja ditempatkan pada posisi tertentu yang ada di perusahaan. penempatan merupakan proses kebijaksanaan sumber daya manusia untuk menentukan posisi/jabatan seseorang. Penugasan ini dapat berupa penugasan pertama untuk pegawai baru yang akan direkrut, tetapi dapat juga melalui promosi, pengalihan (transfer), dan penurunan jabatan (demosi) atau bahkan pemutusan hubungan kerja.
2.3 Analisis Tentang Kendala Dalam Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Karyawan PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA
Dalam melaksanakan proses perencanaan sumber daya manusia pasti berhadapan dengan berbagai persoalan baik yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Adapun beberapa kendala dalam perencanaan sumber daya manusia adalah sebagai berikut:
a. Standar kemampuan sumber daya manusia Standar kemampuan sumber daya manusia yang pasti sehingga informasi kemampuan sumber daya manusia hanya berdasarkan ramalan-ramalan (prediksi) yang sifatnya subjektif. Hal ini menjadi kendala yang serius dalam PSDM untuk menghitung potensi SDM secara pasti.
b. Situasi sumber daya manusia Persediaan, mutu, dan penyebaran penduduk yang kurang mendukung kebutuhan sumber daya manusia perusahaan. Hal ini menjadi kendala proses PSDM yang baik dan benar.
Kendala yang dihadapi oleh perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya berasal dari lingkup internal dan eksternal perusahaan yaitu dari pelamar kerja atau pekerja yang belum siap dengan tugas yang akan di pertanggung jawabkan. Kendala-kendala tersebut berupa kendala yang berkaitan analisis perencanaan sumber daya manusia yang masih mengikuti pusat yang belum sepenuhnya dilakukan dengan baik, kendala berupa ketersediaan sumber daya manusia dalam merekrut karyawan yang tidak memenuhi target perusahaan, karena minimnya pelamar dan target penerimaan karyawan yang terlalu tinggi. Dan banyaknya karyawan yang keluar masuk perusahaan karena bosan dengan pekerjaannya atau gaji yang terlalu sering dipotong untuk menggantikan ganti rugi terhadap stand atau barang yang dijaga oleh pegawai sebagai ganti rugi barang yang hilang. Selain itu ada juga pelamar yang menginginkan shift sore saja, karena para pelamar masih mengikuti pendidikan. Untuk mengatasi kendala tersebut pihak Alfamart melakukan training kepada karyawan baru agar siap bekerja sesuai yang diharapkan oleh perusahaan.
BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
1. Kegiatan perencanaan kepegawaian sumber daya manusia yang dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya ,dapat dikatakan sudah efektif, karena dalam pelaksanaannya proses perencanaan sumber daya manusia berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori-teori perencanaan kepegawaian sumber daya manusia.
a. Pelaksanaan proses rekrutmen tenaga kerja PT Sumber Alfaria Trijaya di terdiri dari empat tahapan yaitu: proses pengumuman, pendaftaran, seleksi, dan penempatan.
b. proses seleksi tenaga kerja PT Sumber Alfaria Trijaya melalui beberapa tahapan, yaitu : (1) Penerimaan Lamaran, (2) Tes-Tes Penerimaan meliputi: tes psikologi, tes tertulis, dan tes pengetahuan. (3) wawancara.
c. Penempatan kerja karyawan baru yang telah diterima selanjutnya ditempatkan sesuai dengan kekosongan karyawan yang dibutuhkan. Pengumuman dilaksanakan secara tertutup, langsung dihubungi oleh pihak Alfamart kepada calon karyawan.
2. Fungsi perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kinerja karyawan pada PT Ramayana Lestari Sentosa di Palembang. Fungsi perencanaan sumber daya manusia di Ramayana Palembang sangat penting. Karena menempatkan sumber daya manusia yang produktif akan menghasilkan sales penjualan.pelaksanankan fungsi perencanaan sumber daya manusia meliputi pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, dan kompensasi.
3. Kendala dalam perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan PT Sumber Alfaria Trijaya adalah sistem perencanaan sumber daya manusia yang masih mengikuti pusat. kendala berupa ketersediaan sumber daya manusia dalam merekrut karyawan yang tidak memenuhi target perusahaan, karena minimnya pelamar dan target penerimaan kasryawan yan terlalu tinggi. karyawan baru yang belum siap bekerja baik dari segi keterampilan, penyesuaian dengan suasana yang ada di sekolah dengan kondisi di lapangan yang berbeda. Untuk mengatasinya dengan caramentranning, mengajak refreshing karyawan, dan motivasinya.
3.2 Saran
Sarannya yaitu:
1. Perusahaan perlu memfokuskan penjualan di luar pulau Jawa
2. Melakukan kampanye digital yang sebelumnya berhasil dilakukan
3. Melakukan product development secara berkala dengan mengikuti perkembangan fashion yang ada
4. Mengembangkan gerai swalayan melalui pemugaran gerai
5. Perencanaan sumber daya manusia seharusnya lebih ditingkatkan lagi, guna untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan diharapkan dapat mencapai tujuan.
6. Peneliti selanjutnya, dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian yang terkait dengan pembahasan sekripsi ini dengan subjek dan sudut pandang yang berbeda. Sehingga dapat memperkaya khasanah intelektual mengenai manajemen dalam hal perencanaan sumber daya manusia.
narotama.ac.id
fenaro.narotama.ac.id
ayuraimanagement.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar